Seni bela diri merupakan suatu teknik bertarung yang menyerang dan bertahan yang mencakup memukul, menendang, menangkis, membanting dan keterampilan agresif lainnya. Banyak orang menganggap bahwa seni beladiri biasanya dekat dengan kekerasan dan kebrutalan. Seni bela diri dianggap sebagai ekspresi dari keberanian, kewiraan, dan pengorbanan diri. Filsafat beladiri sebenarnya menekankan bahwa orang sebaiknya lebih menghormati kedamaian dan harmoni. Seni beladiri filsafat menekankan pada esensi dari manajemen diri, menghormati orang lain, dan perspektif optimis untuk mencoba yang terbaik dalam hidup. Seni bela diri adalah bagian dari kebiasaan dari para ahli beladiri dari Jepang yang menawarkan penekanan pada penguatan, tubuh jiwa dan pikiran. Ajaran-ajarannya menegaskan bahwa seorang seniman bela diri sejati harus mengembangkan tubuh, mental, dan emosional menjadi cukup kuat untuk menghindari pertempuran. Hal ini dapat ditemui pada berbagai bentuk seni bela diri termasuk Jujitsu, Karate, Kung-Fu, Muay Thai, Tae Kwon Do, dan Judo.

Seni bela diri mencakup latihan dengan vitalitas tinggi yang dapat meningkatkan energi, kecepatan, fleksibilitas, dan kesehatan jantung. Namun demikian, identik dengan kegiatan olahraga lain atau kegiatan fisik, terdapat kecelakaan yang dapat ditemui dalam pelatihan seni bela diri ataupun dalam kompetisi.  Cukup mengejutkan, bahwa resiko cedera dari seni bela diri lebis sedikit dibandingkan dengan olahraga kontak lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan di George Washington College di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa terjadinya kecelakaan pada pelatihan seni bela diri lebih rendah dari olahraga kontak lain seperti rugby, sepak bola Amerika, bola basket, dan hoki. Kebanyakan kecelakaan yang berkaitan dengan seni bela diri adalah sakit tungkai lengan atau kaki serta nyeri punggung bawah, yang biasanya merupakan cedera yang wajar.

Cidera dislokasi pada atlit beladiri

Latihan bela diri modern harus dilakukan dengan cara yang aman namun masih terdapat risiko yang tidak dapat dihindari yang dapat menyebabkan cedera. Kecelakaan ini bisa membuat atlet tidak dapat hadir dari latihan selama berminggu-minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun. Mari kita lihat cedera yang paling umum dan bagaimana mengobati dan menghindari nya

  • Terkilir – keseleo sering terjadi di pergelangan kaki, siku, dan daerah sendi lainnya. Banyak orang keseleo pada pergelangan kaki karena distribusi berat badan yang tidak benar pada saat menendang atau bergerak.
  • Bengkak- kerusakan pada otot atau tendon. Beberapa massa otot bisa merobek berhenti dari cepat yang terjadi saat kontak kuat dibuat dengan lawan atau objek.
  • Lutut terasa nyeri – cidera yang disebabkan oleh sikap lutut tertekuk khas seni bela diri (kuda-kuda) atau sering menggunakan tendangan yang cukup kuat dan dapat melukai sendi jika tidak dilakukan dengan benar.
  • Cedera kepala – cedera kepala dapat terjadi selama pelatihan karena akibat dari tendangan atau pukulan di daerah kepala.
  • Dislokasi dan patah tulang – yang sering terjadi jari, tangan,  persendian bahun dan kaki.

Latihan beladiri terdiri aktivitas yang berat yang akan memberi penekanan berlebihan pada jaringan otot dan sendi. Apabila terjadi cidera otot memar pada saat latihan yang bukan digolongkan dengan dislokasi atau patah tulang dapat diredakan dengan cara sebagai berikut. Istirahat adalah cara terbaik untuk mengobati cedera ini sambil memberikan kompres es untuk mencegah pembengkakan dan memar. Menerapkan panas ke daerah tersebut setelah beberapa hari, bukan es akan membantu mempercepat proses penyembuhan (menerapkan es secara langsung setelah sesi pelatihan). Jika rasa sakit tidak mereda setelah 24 jam Anda harus mencari nasihat medis. Instruktur dalam seni bela diri modern harus mampu mengidentifikasi ketika Anda siap untuk kembali ke pelatihan, jika ragu-ragu berkonsultasi dengan dokter.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, sangat penting untuk memberikan pertimbangan khusus bagi peregangan. Peregangan secara teratur membantu menjaga atau meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan kemungkinan cedera. Seiring dengan peregangan, latihan bela diri juga perlu mencakup latihan rutin dimaksudkan untuk meningkatkan pendinginan dan pemanasan secara keseluruhan dan pembinaan otot sebelum perusahaan setiap bela diri lengkap seni pelatihan. Dengan memperkuat kelompok otot, sendi, dan koordinasi, atlet akan mampu untuk membuat latihan seni bela diri lebih aman dan bebas dari cidera. Teknik pernapasan adalah tambahan penting dalam latihan sebagai bagian dari penerapan seni bela diri. Menghembuskan napas sambil kontraksi otot dan menghirup udara sambil bertumpu pada otot dapat membantu mencegah cedera. Yang paling utama dan dirasakan sangat penting dalam melakukan latihan beladiri adalah penggunaan alat-alat pengaman seperti sarung tangan, helm, body protector, dan lain-lain. Terutama pada saat melakukan latihan bertarung atau sparring partner. Hal ini akan dapat mengurangi terjadinya risiko kecelakaan pada saat berlatih. Disamping itu beberapa hal yang juga memberikan perhatian adalah sebagai seorang pelatih seharusnya dibekali dengan kemampuan dalam penanganan kecelakaan pertama (first aid).

Latihan dengan menggunakan alat pelindung untuk mengurangi risiko cidera

Dengan pemanasan dengan benar, latihan pernapasan secara teratur, dan mengenakan perlengkapan penting, para pelatih beladiri dapat menghindari terjadinya kecelakaan pada saat berlatih yang akan menghambat kemajuan pembinaan dan tingkat daya saing atletnya di masa mendatang.

Sumber :

1. http://montereybayopinions.com/martial-arts-philosophy-and-correct-training/

2. http://ezinearticles.com/?3-Common-Modern-Martial-Arts-Injuries-and-How-to-Treat-and-Avoid-Them&id=4359149