DSC_0723

Mengapa ada orang-orang yang mempunyai energi yang begitu besar untuk mendapatkan dan meraih sesuatu yang dicita-citakan? Mengapa ada orang yang penuh gairah semangat dalam menghadapi tantangan?Dan mengapa ada orang yang sangat ingin berprestasi?
Terlepas dari apa motivasi seseorang itu meraih prestasi, kesemuanya itu mempunyai kesamaan, yaitu mempunyai energi lebih yang melimpah dalam diri mereka, berani menghadapi tantangan dan ambisi besar untuk diwujudkan. Mengapa banyak pakar perilaku berpendapat bahwa keberhasilan adalah sikap.
Salah satu faktor yang menyebabkan seorang terus gigih meraih prestasi adalah kemampuan untuk menghidupkan dan mengobarkan semangat untuk senantiasa berprestasi dalam hidupnya.
Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengobarkan semangat untuk meraih prestasi :

1. Jadilah diri sendiri
Jika cita-cita anda untuk berprestasi mengalahkan orang lain, anda akan segera kehabisan energi positif diri anda dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Dorongan yang muncul lebih banyak bersifat negatif yang dapat mengganggu kejernihan pandangan anda. Jangan bandingkan diri anda dengan orang lain, kenali saja diri anda dan jadilah diri sendiri.

2. Menyusun Strategi
Buatlah rencana gambaran besar cita-cita yang ingin anda raih di masa depan. Buatlah sesulit mungkin, namun percayalah anda dapat mencapainya. Kemudian kembangkan dalam kelompok target jangka pendek serta tentukan kapan anda akan meraihnya. Perjalanan sejauh ribuan kilometer akan dapat dilalui dengan selangkah demi selangkah.

3. Belajar terus
Jangan pernah berhenti untuk belajar, namun tidak harus mempelajari kesemuanya. Belajar mengenali kekuatan pada diri anda sendiri untuk menjadi seorang ahli agar mampu menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan sebaik-baiknya. Mempelajari semua hal memang baik untuk menambah wawasan dan kebijakan namun jika anda tidak mempunyai satu keahlian yang menjadi keunikan diri anda sendiri, maka anda tidak akan pernah tahu apa yang anda inginkan.

4. Melakukan apa yang sesuai
Lakukan apa yang anda senangi dan cintai. Ini akan menumbuhkan semangat dan kesenangan dalam apa yang anda lakukan. Anda akan dapat menemukan bahwa suatu keberhasilan bukan sesuatu yang ada di depan sana. Namun berjalan seiring dengan apa yang anda kerjakan.

5. Jangan pernah mensia-siakan peluang
Jangan terlalu banyak memikirkan masalah keuangan atau penghasilan yang anda peroleh. Jauh lebih penting anda memperoleh tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuan anda. Kemudian bersungguh-sungguh melakukannya. Pikiran bagaimana anda dapat memperbaiki keadaan yang ada dalam tanggung jawab anda. Seringkali keberhasilan besar tersembunyi di balik peluang yang kelihatannya sepele.

6. Tentukan kegembiraan dalam setiap langkah
Perhatikan anak-anak kecil belajar, mereka senantiasa memperlihatkan kegembiraan saat berangkat sekolah, saat di kelas, istirahat dan saat mereka pulang, bahkan saat mereka beraktivitas dirumah. Segala sesuatu yang dilakukan dengan keceriaan akan memberikan perasaan untuk menyenangi apa pekerjaan yang dilakukan.

7. Tidak bersedih atas kegagalan
Kegagalan yang terjadi dalam setiap pencapaian target seharusnya tidak menjadikan seseorang menjadi pribadi yang trauma dan senantiasa di bayang-bayangi perasaan tersebut. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, mengambil pelajaran dari kegagalan adalah hal yang luar biasa.

8. Berdoa
Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah salah satu usaha yang dapat dikatakan faktor penentu apakah kita akan tetap pada jalur dalam pencapaian target. Berdoa adalah fungsi kontrol manusia yang akan mengawal kita dalam pencapaian target sasaran.

About these ads